(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Potensi Buleleng dari Kuliner, Produk UMKM, Tanaman dan Budaya dipamerkan pada MIPC

Admin brida | 29 Mei 2024 | 1254 kali

Buleleng akan menjadi tuan rumah event besar bertajuk Mobile Intelektual Property Clinic (MIPC), mulai 19 Juni  sampai dengan 2 Juni di Gedung Kesenian Gede Manik Singaraja. MIPC merupakan program kegiatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi Bali yang merupakan perpaduan antara sosialisasi, konsultasi, edukasi, dan pelayanan pendaftaran Kekayaan Intelektual (KI) dengan pementasan berbagai seni budaya yang ada.

 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng Drs. Made Supartawan, M.M., pada rapat koordinasi pemantapan dan persiapan kegiatan MIPC di Ruang Rapat Balitbang Inovda hari ini Rabu (29/5).

 

Supartawan yang sekaligus juga Plt. Asisten Administrasi Pembangunan Setda Buleleng,  menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan di Buleleng ini bermula dari adanya audiensi Kakanwil Kemenkumham Bali dengan jajarannya kepada Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnya beberapa waktu lalu. Pj. Bupati Buleleng sangat apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan dan Buleleng siap menjadi tuan rumah.

 

Dihadapan peserta rapat yang terdiri dari Tim Fasilitasi KI Kabupaten Buleleng, yakni DKPP, Dinas Kominfosanti, Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kebudayaan, Supartawan menyampaikan teknis pelaksanaan kegiatan untuk menyamakan persepsi rencana kegiatan. Termasuk lay out acara dan keterlibatan semua instansi dinas terkait, seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Damkar, Bagian Prokom, dan Bagian Kesra untuk mendukung pelaksanaan MIPC.

 

Hal menarik dalam pelaksanaan MIPC selama 3 tiga hari itu adalah kehadiran Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, dan Menteri Pariwisata Ekraf Sandiaga Uno untuk mengikuti talk show dengan pelaku UMKM dan steakholder fasilitasi KI di Bali.


Diharapkan selama acara MIPC dapat meningkatkan pemahaman terhadap manfaat dan pentingnya pendaftaran KI yang sekaligus akan menumbuhkan kegiatan ekonomi UMKM. #Roy.