(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Smart City Buleleng Mulai Dirancang

Admin brida | 06 Juli 2023 | 731 kali

Rabu, 5 Juli 2023 Perencana Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, Yuni Totaliana, S.P., menghadiri Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap 1, yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 5-6 Juli 2023, bertempat di Hotel Banyualit, Lovina.

 

Bimtek Smart City ini diadakan oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng dengan menghadirkan 2 narasumber, yakni Hafni Septian selaku tim gerakan Smart City Kementerian Kominfo RI, dan Diah Mutiarin selaku tim ahli dari Yogyakarta. Sedangkan para peserta berasal dari seluruh OPD dan kecamatan, seluruh Perbekel dan Lurah sebagai tim pelaksana, Forkomdeslu dan kecamatan, komunitas informasi masyarakat,  HIPMI Buleleng, dan wirausaha muda Buleleng serta perwakilan pelaku usaha Buleleng.

 

Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP., M.M., mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Buleleng sebagai kabupaten penyusunan Smart City, dan berharap dengan bimtek ini menghasilkan output penyusunan perencanaan kota cerdas, guna mewujudkan Buleleng sebagai kota yang terintegrasi teknologi komunikasi, tercipta efisiensi, perbaikan pelayanan publik sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

 

Narasumber Kementerian Kominfo RI menyampaikan bahwa Buleleng dan Karangasem adalah 2 kabupaten terpilih di Provinsi Bali dari 50 Kabupaten se-Indonesia, yang mendapatkan pendampingan langsung dari Kementrian Kominfo RI dalam penyusunan Masterplan Smart City. Penyusunan Masterplan Smart City nantinya akan menerbitkan 4 buku, dan setiap penerbitan buku akan dilaksanakan bimtek selama 2 hari dengan jadwal yang akan ditentukan.


Balitbang Inovda menjadi salah satu tim pendukung indikator Smart City, yaitu Smart Branding. Dalam Smart Branding ini menyangkut 3 komponen, yaitu pariwisata, tampilan wajah kota serta budaya. #Yun.