(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Potensi Inovasi Lainnya Kembali Ditemukan di Kecamatan Gerokgak

Admin brida | 17 Oktober 2023 | 570 kali

Selasa, 17 Oktober 2023, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Musi, Sanggalangit, dan Gerokgak Kecamatan Gerokgak, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

Pada Desa Musi diterima oleh Nova Arjana selaku Kaur Pembangunan, yang mengantarkan langsung ke produsen pupuk organik. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok. Sumadi selaku ketua kelompok menjelaskan ide dalam pembuatan pupuk organik ini berawal dari berlimpahnya peternak sapi yang tersebar di desa. Dengan hanya mengkombinasikan serabut kelapa dan arang sekam, diperoleh produk pupuk organik. Produk kelompok ini sudah tersebar dan digunakan secara berkelanjutan keluar kabupaten, diantaranya Jembrana, Tabanan dan Bangli.

Pada Desa Sangalangit, diterima oleh  Fery selaku Kaur Perencanaan. Melalui pernyataannya, selama ini masih belum berkembang hasil ide maupun aktifitas kreatif dari masyarakat, sehingga membutuhkan usaha maksimal untuk menciptakan inovasi di desa tersebut. Seperti yang diketahui, potensi yang ada di Sanggalangit hampir mirip dengan potensi yang dimiliki oleh desa lain yang ada di Kecamatan Gerokgak. Padi dan anggur merupakan komoditi pertanian unggulan di desa ini, yang sebelumnya jambu kristal sempat menjadi komoditi unggulan.

Pada Desa Gerokgak, sesuai informasi yang diperoleh dari masyarakat terdapat inovasi wisata petik anggur. Hanya saja pada kesempatan ini tidak bisa menemukan pemilik dan pengelola, mengingat kondisi Anggur masih dalam tahap perkembangan. Perkiraan wisata ini akan dibuka dalam 2 bulan ke depan pada saat kondisi anggur sudah siap panen. #Wck.