(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Ouput Kajian Strategi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja BRIDA Bali

Admin brida | 03 Juni 2024 | 963 kali

Senin, 3 Juni  2024 di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng dilaksanakan penerimaan kunjungan dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali, dalam rangka koordinasi pelaksanaan penyusunan kajian strategi peningkatan produktivitas tenaga kerja menuju pekerja kelas menengah ke atas untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali.

Dalam kunjungan hadir AA. Istri Inten selaku Kabid 3 BRIDA didampingi staf Agung Eka Triyani, dan Winda Lestari. Selain itu hadir pula Tenaga Ahli Universitas Udayana Denpasar Dr. I Nyoman Mahendra Yasa, SE., M.Si., selaku Ketua Tim Ahli, Made Sintya, Dewa Jati, dan Made Putra Yasa. Turut hadir Perangkat Daerah yang ikut mendampingi, yaitu Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng Made Arya Sukerta, didampingi Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Made Sadipa.

Kunjungan diterima oleh I Gusti Ngurah Purnawirawan selaku Kabid Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Inovda, bersama para Analis Kebijakan dan juga staf.

Lebih lanjut, I Nyoman Mahendra Yasa menyatakan maksud dan tujuan penelitian  adalah sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan transformasi ekonomi Bali sesuai buku Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali. Tujuan pelaksanaan kajian/penelitian adalah merumuskan strategi dan roadmap peningkatan produktivitas tenaga kerja menuju tenaga kerja kelas menengah ke atas.

Adapun output kajiannya nanti adalah Profil Ketenagakerjaan Provinsi Bali saat ini, Standar kompetensi dan kebutuhan tenaga kerja kelas menengah di Provinsi Bali, Strategi peningkatan produktivitas tenaga kerja (optimis, moderat dan pesimis), Peta Jalan (roadmap) peningkatan produktivitas tenaga kerja menuju pekerja kelas menengah ke atas pafa 2025-2030.

Kunjungan BRIDA bersama Tim Ahli ke Balitbang Inovda di samping perkenalan awal,  kedepannya akan mencari data dukung kajian di bidang ketenagakerjaan. Terkait data ketenagakerjaan, Plt. Arya Sukerta siap memfasilitasinya. #Wir.