(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Mengenal Tembok School Bus Inovasi Desa Tembok

Admin brida | 28 Agustus 2024 | 761 kali

BULELENG, Tembok School Bus merupakan inovasi yang dimiliki oleh Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, dan pada ajang Lomba Kreasi Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2024, inovasi ini berhasil meraih Juara II.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Made Supartawan, M.M., meninjau secara langsung inovasi tersebut hari ini, Rabu (28/8). Pada kesempatan ini, Supartawan  memberikan masukan dan arahan kepada Dewa Ketut Wily Asmawan selaku Kepala Desa, untuk perkembangan dan keberlanjutan inovasi yang dilaksanakan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Tembok, membukakan pola pikir dalam menciptakan gagasan yang positif untuk perkembangan inovasi di Buleleng sesuai dengan komoditi unggulan dan potensi yang ada di masing-masing desa.

Dalam rangka meningkatkan kualitas inovasi di Kabupaten Buleleng, Badan Riset dan Inovasi Daerah berencana akan membuat wadah dalam mengkolaborasikan inovasi yang sudah ada. Tujuannya untuk menciptakan pemerintah yang inovatif (Innovation hub) atau dikenal dengan sebutan i-hub, merupakan solusi yang berfungsi sebagai media kolaborasi antara aktor inovasi, pemerintah, pemerintahan daerah, maupun pemerintahan desa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan pembangunan di daerah.

Melalui i-hub diharapkan terselenggara spektrum inovasi yang mencakup inovasi kepemimpinan, inovasi administrasi, inovasi manajemen, inovasi kebijakan, inovasi sosial, dan inovasi teknologi. Secara umum dapat ditegaskan bahwa i-hub merupakan media kolaboratif yang mampu membentuk ekosistem inovasi, mengakselerasi inovasi, mencipta inovator, dan membangun pemerintahan daerah yang dinamis dan berkelanjutan.

Pada saatnya, i-hub menjadi pemicu inovasi dan perubah pemerintahan daerah menjadi lebih dinamis, kreatif, adaptif, inovatif, produktif, futuristik, dan prospektif. #Wck.