(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Persiapan Lomba IPTEK Kerthi Bali Swacitta Nugraha Tingkat Provinsi Bali Tahun 2023

Admin brida | 06 April 2023 | 337 kali

Rabu, 5 April 2023, bertempat di Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali, Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra, M.Kom., menghadiri Rapat Persiapan Lomba IPTEK Kerthi Bali Swacitta Nugraha Tingkat Provinsi Bali Tahun 2023. Rapat dipimpin oleh Dr. Raka Armaja, M.MA., selaku Kepala Bidang Pengembangan Inovasi dan Pengelolaan KI, serta didampingi oleh Sekretaris BRIDA. Kabupaten Buleleng rencananya akan mengajukan inovasi yang sudah berdiri selama kurang lebih 2 tahun, dan mampu memberikan serta memberdayakan masyarakat sekitar.

 

Sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pasal 88 ayat (1) menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk berperanserta dalam melaksanakan kegiatan penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan Inovasi Teknologi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pada ayat (2) dinyatakan bahwa setiap warga negara yang melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Provinsi Bali memandang perlu untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat Bali, baik perorangan atau kelompok dalam melakukan kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi, menghasilkan suatu karya cipta inovatif untuk memberikan manfaat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penyerahan penghargaan/anugerah ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023 dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Bali.

 

Adapun beberapa kriteria lomba, yaitu; Penyampaian Proposal Inovasi hasil seleksi kabupaten/kota yang merupakan hasil kreativitas dan inovasi yang telah diterapkan sejak tahun 2020 sampai 2022; calon penerima penghargaan diusulkan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah/Bappedalitbang/BRIDA kabupaten/kota atau Perangkat Daerah dengan nomenklatur lain yang melaksanakan fungsi urusan di bidang penelitian dan pengembangan; Masing-masing kabupaten/kota dapat mengirim minimal satu karya inovasi terbaik peserta di setiap kategori (kluster) yang telah dilakukan pembinaan atau penilaian di kabupaten/kota.

 

Kerthi Bali Swacitta Nugraha adalah penghargaan yang diberikan kepada masyarakat umum, baik perorangan maupun kelompok di Provinsi Bali yang menemukan, menciptakan dan menerapkan suatu inovasi teknologi dalam percepatan implementasi Ekonomi Kerthi Bali. Beberapa yang masuk dalam kategori, diantaranya; 1) Inovasi Teknologi Bidang Pertanian; 2) Inovasi Teknologi Bidang Kelautan dan Perikanan; 3) Inovasi Teknologi Bidang Industri; 4) Inovasi Teknologi Bidang IKM, UMKM dan Koperasi; 5) Inovasi Teknologi Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital; 6) Inovasi Teknologi Bidang Pariwisata. #Wck.