(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Buleleng Kendalikan Harga Pangan Dengan Penguatan CPPD

Admin brida | 08 Juni 2023 | 485 kali

Kamis, 8 Juni 2023 dalam rangka Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Kabupaten Buleleng Tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng sebagai Tim CPPD, melakukan serah terima pengadaan beras sebanyak 5.000 Kg dari rekanan UD. Khusuma Agro, Sukasada.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala DKPP, I Gede Putra Aryana, S.Sos., M.A.P., didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Ir. Ida Bagus Wirama, bersama pejabat dan staf lainnya. Pada acara ini hadir Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Swatantra, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, serta jajaran instansi terkait dilingkup Pemkab Buleleng.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengendalikan gejolak harga dengan pengelolaan pasokan dan distribusi pangan, serta menanggulangi kerawanan pangan apabila terjadi kondisi darurat, bencana, paceklik atau gagal panen. Kegiatan serah terima dimulai dengan pengecekan spesifikasi beras sesuai standar kualitas beras yang berlaku. Jumlah Beras yang dikirim merupakan beras kualitas medium sebanyak 200 sak (1 sak = 25 Kg). Kualitas kadar air menggunakan alat pengukur kadar air sebesar 10,8% yang telah memenuhi standar baku, yaitu antara 10%-14%, dengan tingkat broken butiran beras 10%.

Selanjutnya, beras tersebut dititipkan di gudang penyimpanan Perumda Swatantra yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat. Dalam hal ini, sudah terbentuk kerjasama antara DKPP Buleleng dengan Perumda Swatantra, sebagai upaya pengelolaan CPPD. #Sbt.