(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BALITBANG BULELENG MONEV KAJIAN DAMPAK PANDEMI TERHADAP UMKM DI BULELENG

Admin brida | 26 Februari 2021 | 221 kali

Kamis, 25 Pebruari 2021 Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng melaksanakan monitoring dan evaluasi  terhadap tindak lanjut hasil kajian kelitbangan tahun 2020 yang berjudul “Dampak Pandemi Covid 19 terhadap UMKM di Kabupaten Buleleng”. Monev dilaksanakan oleh Tim Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng ke Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Buleleng.

 

Diterima oleh Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro beserta para kepala seksinya. Dinas terkait pada intinya telah menindaklanjuti rekomendasi dari hasil kelitbangan tersebut, diantaranya dengan melaksanakan pelatihan/sosialisasi UMKM yang berbasis digital market place, dan telah menyiapkan pelaku UMKM untuk on boarding. Upaya-upaya tersebut telah dituangkan ke dalam program/kegiatan/sub kegiatan tahun ini.

 

Disamping itu pula disampaikan ada beberapa kendala yang dihadapi di dalam pelaksanaannya, sehingga rekomendasi dari hasil kelitbangan ini tidak secara totalitas terpenuhi, diantaranya disebabkan karena keterbatasan anggaran akibat realokasi dan refocusing anggaran. Disampaikan pula, bahwa selama ini telah dilaksanakan koordinasi dengan instansi/pihak-pihak terkait lainnya dalam upaya menindaklanjuti rekomendasi hasil kelitbangan tersebut. (Mira Triyulia/Balitbang/21).