(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Monitoring Potensi Inovasi Desa Tingatinga dan Desa Tukad Sumaga, Gerokgak

Admin brida | 19 Oktober 2023 | 680 kali

Kamis, 19 Oktober 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Tinga-tinga, dan Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

 

Di Desa Ting-tinga diterima oleh Sekretaris Desa, yang menjabarkan tentang keberlanjutan dari inovasi yang telah diusulkan tahun lalu, yaitu e-desaku yang fokus pada pelayanan surat menyurat secara elektronik. Potensi yang ada di desa ini dari segi pariwisata terdapat air terjun yang sekaligus sebagai tracking menuju lokasi. Dikawasan itu juga ada peninggalan Pan Am Penerbangan 812 yang dioperasikan Pan American World Airways Boeing 707-321B N446PA (Clipper Climax). Sebuah penerbangan internasional terjadwal dari Hong Kong ke Sydney, Australia, dengan pemberhentian sementara di Denpasar-Bali, pada 22 April 1974. Pesawat ini jatuh di dataran berbukit Desa Tinga-tinga, dan puing-puingnya menjadi saksi bisu dalam tragedi tersebut. Tidak sedikit wisatawan lokal maupun internasional yang ingin mengunjungi langsung lokasi tersebut.


Pada Desa Tukad Sumaga memukan pengerajin gula aren, dan pengerajin fermentasi (Arak). Fermentasi ini lebih diminati konsumen dan memiliki harga yang stabil. Selain itu, ada juga aktifitas masyarakat sebagai pengolah kopi serbuk, akan tetapi bahan baku yang dipergunakan berasal dari luar desa, sehingga belum memenuhi persyaratan inovasi. #Wck.