(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Dinas Kominfosanti Segera Daftarkan Hak Paten Karya Inovasi Siswa SMP Negeri 1 Kubutambahan

Admin brida | 13 Juli 2023 | 560 kali

Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng hari ini (13/7), melakukan konsultasi ke Balitbang Inovda Buleleng dalam rangka mendaftarkan karya inovasi anak siswa untuk mendapatkan hak paten, dan hak cipta sebagai Hak Kekayaan Intelektual.

Karya inovasi siswa SMP Negeri 1 Kubutambahan berupa gamelan digital dan inovasi robot yang bisa diajak  komunikasi, diketahui dari hasil pelaksanaan Bali Digital Festival yang dilksanakan beberapa waktu lalu di Denpasar.

Menurut Kabid Infrastrukstur dan Layanan SPBE Kominfosanti, Made Kunayanti, S.E., ketertarikannya untuk mendaftarkan hak cipta dan hak paten hasil karya inovasi ini, untuk melindungi karya cipta yang dipandang sangat kreatif dan inovatif.

Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda, Made Mira Triyulia Ida Justisiana, S.T., M.A.P., telah menjelaskan berbagai persyaratan dan ketentuan untuk pendaftaran hak cipta maupun hak paten. Dijelaskan Balitbang Inovda memang saat ini sedang menggali berbagai karya inovasi maupun produk UMKM, termasuk potensi kearifan lokal Buleleng untuk didaftarkan sebagai Hak Kekayaan Intelektual. Mira juga akan segera mengkomunikasikan hak paten dan hak cipta atas karya inovasi Siswa SMP Negeri 1 Kubutambahan ini. #Roy.