(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

RAKOR PEMBAHASAN SANITASI KABUPATEN

Admin brida | 24 September 2020 | 194 kali

Kamis, 24 September 2020 Balitbang Buleleng hadiri rapat koordinasi Pembahasan Bab III Dokumen SSK (Strategi Sanitasi Kabupaten), melalui zoom meeting yang diikuti oleh anggota PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman) Kabupaten Buleleng. Rakor difasilitasi oleh fasilitator Provinsi Bali. Pada rapat dibahas terkait visi misi sanitasi Kabupaten Buleleng, dan tahapan pengembangan sanitasi terutama terkait 2 sub sektor, yaitu air limbah dan persampahan serta pembahasan terkait kemampuan pendanaan sanitasi daerah.

 

Pada misi sanitasi akan dilakukan penyesuaian dari misi sanitasi pada dokumen SSK sebelumnya, dimana misi dalam air bersih akan disesuaikan karena tidak akan dibahas dalam dokumen SSK yang baru ini. Pada tahapan pengembangan sanitasi untuk pilihan jenis sistem yang akan direncanakan pada masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng terutama untuk sub sektor air limbah dan persampahan akan dibahas kembali oleh SKPD teknis yaitu Dinas PUTR dan Dinas LH.

 

Untuk pendanaan sanitasi pada 5 tahun ke depan akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah daerah, tidak didasarkan atas proyeksi pertumbuhan pendanaan sanitasi pada 5 tahun sebelumnya mengingat situasi pandemi, sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan menurun. Rencana jadwal kegiatan selanjutnya yaitu pembahasan materi kebijakan yang akan dilaksanakan minggu depan, kemudian rencana dilakukan coaching clinic 2 pada minggu ke-1 bulan Oktober dan advokasi Kepala Daerah pada minggu ke-2 Oktober. (Anik Widyastuti_Balitbang_2020).