(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BRIDA Bali Kaji Bendungan di Buleleng Untuk Pariwisata dan Suplai Energi Bersih

Admin brida | 29 November 2022 | 474 kali

Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali, Selasa (29/11) melaksanakan pembahasan kajian terkait Pemanfaatan dan Tata Kelola Suplai Energi Bersih Terkait Dengan Kebutuhan Konsep Pariwisata Hijau di Bendungan Tamblang dan Bendungan Sidan, Kabupaten Buleleng. Suplai energi bersih yang dimaksud adalah kondisi air bersih yang diperoleh dari adanya kedua bendungan tersebut.

 

Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Infrastruktur BRIDA, I Gede Putu Udiana Putra, S.T.,M.T., menyampaikan bahwa kajian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan kebutuhan air bersih pada Bendungan Tamblang dan Sidan. Dengan adanya kajian ini juga diharapkan dapat memberi solusi atas permasalahan yang ada, sehingga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata di Buleleng.

 

Udiana juga menyampaikan bahwa kajian yang dilaksanakan ini, sejalan dengan visi misi pembangunan daerah Bali "Nangun Sat Kerthi Loka Bali". Salah satu bagiannya yaitu pembangunan infrastruktur penyediaan air baku, baik untuk masyarakat maupun untuk daerah tujuan wisata. Bendungan Tamblang dan Sidan menjadi bahan kajian yang menarik,  sebab mengusung konsep pariwisata hijau (green tourism) berbasis eco tourism dan energi bersih. Kedua bendungan ini menjadi harapan masyarakat Buleleng dalam mengoptimalkan air baku, dan mendukung pariwisata hijau.

 

Acara berlangsung di ruang rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, dengan dihadiri perwakilan Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pariwisata, Dr. Gusti Kade Sutawa, SE.,M.M., perwakilan Dinas Pariwisata Buleleng, serta dari Balitbang Inovda Buleleng diwakili Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E., beserta para Peneliti Ahli Muda. (#Tat).