(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Disperkimta Buleleng Launching SIPERMATA

Admin brida | 25 Agustus 2023 | 475 kali

Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di Ruang Rapat Unit IV Setda Kabupaten Buleleng, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi, Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana, S.T., M.A.P., mewakili Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng menghadiri Launching Aplikasi SIPERMATA (Sinergitas Informasi Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) yang merupakan hasil karya inovasi dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Buleleng.

Acara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., serta dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait, Kapolres, Kodim, Kajari, BPD Bali, MDA, Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Buleleng.

Aplikasi SIPERMATA merupakan bentuk inovasi digital, yaitu sebuah sistem informasi berbasis website yang bisa diakses melalui link http://Sipermata.bulelengkab.go.id. SIPERMATA memudahkan dalam hal pelayanan terkait perolehan data, dan juga dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dalam hal pengajuan permohonan dan penanganan terkait RTLH, pemukiman kumuh dan sarana ultilitas.

Di dalam sistem tersebut bisa memperoleh informasi melalui Menu yang ada yaitu : 1) Menu Data terkait RTLH, PSU, data kawasan permukiman kumuh serta data tanah ulayat (tanah milik desa adat) serta peta sebarannya; dan 2) Menu Fasilitasi Urusan Pertanahan.

Terkait permohonan fasilitasi urusan pertanahan, boleh diajukan dari pihak masyarakat, namun terkait pendataan RTLH harus melalui pihak desa. Buku petunjuk Aplikasi SIPERMATA akan di share lebih lanjut serta akan dilaksanakan bimtek ke desa2 sesuai rencana kerja Disperkimta. #Mty.