(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

RAKOR MINGGUAN BALITBANG BULELENG, KABAN DOKTER GEDE WIARTANA : “SELALU UPDATE PERKEMBANGAN INFORMASI TERKINI”

Admin brida | 05 April 2021 | 266 kali

Tiada hari tanpa evaluasi, nampaknya kalimat itu sangat tepat ditujukan kepada Balitbang Buleleng saat ini, betapa tidak karena hal ini merupakan komitmen Kepala Balitbang Buleleng dan jajarannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terkait dengan tugas dan fungsi Balitbang. Untuk itu secara rutin Balitbang Buleleng melakukan rapat  koordinasi mingguan dengan pejabat struktural dilingkungan Balitbang.

 

Rapat koordinasi hari ini (5/4) Kepala Badan dokter Awi (panggilan akrab-red) mengajak semua jajarannya untuk selalu update informasi terbaru, sehingga bisa mengetahui perkembangan informasi yang ada, baik untuk mendukung pelaksanaan kegiatan sehari-hari atau sebagai bahan pengetahuan. Perlu melakukan update informasi untuk menambah wawasan, ungkap Dokter Wiartana dihadapan peserta rapat. Beberapa informasi terupdate yang disampaikan oleh Kaban menyangkut adanya penyederhanaan birokrasi yang segera akan dilakukan. Menurut informasi, bulan Juli semua proses penyederhanaan birokrasi sudah harus selesai untuk eselon IV, oleh karena itu kapada pejabat struktural agar mempersiapkan diri. Dengan penyederhanaan birokrasi pemangkasan eselon ini masih menunggu juklak dan juknis, terutama menyangkut masalah ketentuan kegiatan yang menyangkut angka kredit, ungkapnya, sambil optimis dan memberikan semangat dengan jabatan fungsional berharap penghasilan bisa lebih besar, katanya.

 

Hal-hal lain juga disampaikan tentang persiapan sensus Sat Kerti Loka Semesta Berbasis Desa Adat dan menyangkut kajian-kajian inovasi yang akan dilaksanakan. Mengenai evaluasi pelaksanaan tugas, rakor diisi dengan diskusi dan penyampaian laporan masing-masing bidang tentang pencapaian progres kegiatan. Diawali dengan penyampaian evaluasi capaian kinerja oleh Kabid Inovasi dan teknologi, Mira Triyulia menjelaskan untuk capaian kinerja ia mengatakan untuk masing-masing sub bidang di Bidang Intek sudah mencapai 25%. Untuk kegiatan yang menyangkut IKKD (Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah) masih terus dilakukan koordinasi kepada pihak-pihak tertentu yang belum mengembalikan quesioner. Menurut Mira, quesioner IKKD sudah masuk sekitar 90%, sehingga sudah dilakukan tabulasi. Kami sudah melakukan tabulasi data hasil quesioner yang disebarkan, tambahnya.

 

Sementara Kabid Sospem, Ketut Ariawan menyampaikan bahwa pencapaian kinerja secara fisik baru sekitar 16,3%, sementara untuk realisasi anggaran masih 0%. Hal lain yang disampaikan oleh Kabid Ariawan menyangkut persiapan kajian tentang pariwisata yang masih dilakukan koordinasi, ungkapnya. Sementara tentang pelaksanaan sensus, Ariawan menyampaikan telah dilakukan persiapan untuk melakukan rapat awal secara daring. Kami masih melakukan koordinasi dengan pihak camat dan instansi terkait, ungkapnya sambil mohon bantuan kepada pihak Dinas Kominfo Sandi untuk fasilitas daringnya, sehingga sosialisasi bulan Juni berjalan lancar, tambahnya. Beberapa kajian yang akan dilaksanakan di sub bidang pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak tenaga ahli yang mendukung kegiatan kajian-kajian di Bidang Sospem. Tentang kajian Rawan konflik, masih tetap diusulkan dengan melakukan koordinasi dengan pihak Kesbangpol untuk anggaran kegiatan mendatang, ungkapnya optimis.

 

Kepala Bidang Ekbang, Gusti Ngurah Purnawirawan menyampaikan pencapaian kinerja secara fisik baru mencapai 15%, sedangkan untuk realisasi anggaran masih juga 0%. Terhadap kajian kajian yang menjadi program di Bidang Ekbang, pihaknya mohon petunjuk untuk bisa segera bisa dilaksanakan segera, terutama yang menyangkut Kemenhumkam, dan juga melakukan koordinasi dengan pihak Tim Pengendali Mutu, untuk kajian ranperda tentang retribusi sampah. Ngurah Purnawirawan setuju tentang akan dilakukan study banding ke Kabupaten Tabanan tentang kegiatan inovasi yang dilakukan yang sangat menunjang kepada pengentasan kemiskinan hingga mencapai zero Grouwth. Kami sangat setuju kalau dilaksanakan study tiru ke Tabanan untuk bahan masukan, ungkapnya. Rakor berjalan dengan lancar dan hangat saling memberikan masukan, untuk yang terbaik bagi Balitbang Buleleng. (Roy Astika/Balitbang/21).