(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Peran BRIDA Dalam Perencanaan Pembangunan

Admin brida | 22 Juni 2023 | 633 kali

Kamis, 22 Juni 2023 Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Sekretaris, Made Suharta, S.Kom., M.A.P., bersama Perencana, Yuni Totaliana, S.P., menghadiri rapat Optimalisasi Peran BRIDA Dalam Perencanaan Pembangunan, di Bappeda Provinsi Bali. Rapat diinisiasi oleh BRIDA Provinsi Bali yang berkolaborasi dengan Bappeda Provinsi Bali, menghadirkan narasumber Dr. Yopi, selaku Deputi Riset dan Inovasi Daerah BRIN, dan Dr. Wiwik Joelijani, Sekretaris Deputi Riset dan Inovasi Daerah.

 

Acara didahului dengan paparan peran IPTEK dalam penerapan riset dan inovasi daerah kebutuhan penyusunan perencanaan. Kolaboratif lintas sektor sangat diperlukan sebagai upaya optimalisasi peran dan fungsi Lembaga BRIN. Dalam paparannya, Dr. Wiwik menyampaikan kolaboratif lintas sektor untuk optimalisasi BRIN dengan pemda, perlu dibangun sebagai suatu bentuk komitmen di dalam perencanaan berbasis riset dan analisis, sehingga menghasilkan data yang akurat untuk tindaklanjut penentuan prioritas penanganan masalah pembangunan, sesuai karakteristik dan potensi masing-masing daerah.

Kepala BRIDA Provinsi Bali, I Made Gunaja dalam agenda tersebut juga melaporkan ke BRIN, bahwa semua kabupaten/kota di Bali sudah berproses pembentukan BRIDA, tinggal pengisian formasi personil saja.


Tindaklanjut rapat ini adalah BRIN akan melakukan pendampingan kepada daerah, karena Bali menjadi pilot projek. Sebagai langkah awalnya, mesti dibuatkan naskah kerjasama antara pemda dan pihak BRIN. Masing-masing daerah kabupaten mesti menyesuaikan Rencana Induk Kelitbangannya ke dalam rencana induk peta jalan, untuk pemajuan IPTEK di daerah sesuai dengan Perka BRIN Nomor 5 tahun 2023. #Yun.