(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Monitoring Inovasi Desa di Buleleng

Admin brida | 18 April 2023 | 554 kali

Selasa, 18 April 2023 Analis Kebijakan Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng, I Gede Suardika, S.E., M.Pd., bersama staf melakukan monitoring inovasi di Desa Kerobokan, dengan diterima oleh Perbekel dan Sekdes Desa Kerobokan. Inovasi Desa Kerobokan sesuai Keputusan Bupati tahun 2022 adalah Dekomposer Super. Dekomposer Super seperti yang disampaikan pengelola, yang juga bekerjasama dengan Bumdes Kerobokan merupakan cairan dekomposer yang digunakan untuk mempercepat proses fermentasi sampah menjadi sampah organik. Inovasi ini mampu meningkatkan produksi dan kualitas pupuk serta meningkatkan kesuburan tanah.

 

Uji coba inovasi telah dilaksanakan tahun 2022 kepada petani melalui kerja sama dengan subak Desa Kerobokan. Hasil produksi pertanian lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia. Oleh sebab itu, dapat menyadarkan masyarakat/petani tentang pentingnya penerapan pupuk organik pada pertanian.


Monitoring juga dilaksanakan di Desa Sangsit, dan diterima terima oleh Perbekel Sangsit, Putu Arya Suyasa. Inovasi yang ada di Desa Sangsit adalah Unit Kesehatan Desa (UKD). Bentuk inovasi ini merupakan fasilitasi pelayanan kesehatan berupa penyediaan transformasi dan pelayanan administrasi untuk meringankan beban masyarakat. Selain itu juga dapat memberikan pelayanan yang optimal terkait dengan peningkatan kapasitas masyarakat dalam bidang kesehatan, misalnya emergensi penjemputan masyarakat yang sakit ke rumah sakit dengan menggunakan mobil pelayanan dari UKD Desa Sangsit. Penerapan inovasi ini telah terlaksana sejak tahun 2010. #Igs.