(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BRIN Menyapa BRIDA Dengan IDSD

Admin brida | 04 April 2023 | 434 kali

Selasa, 4 April 2023 Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra, M.Kom., mengikuti acara BRIN Menyapa BRIDA (BMB), yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, setiap hari Selasa melalui Zoom Meeting. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan ke-10 dengan materi Menjawab Daerah dengan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD). Pada pertemuan ini dibahas terkait penjelasan tentang IDSD 2022 untuk rekomendasi kebijakan pembangunan di daerah.


Lukman Shalahuddin selaku Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah, pada kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan dari IDSD adalah menggambarkan kondisi daya saing daerah, dan faktor-faktor pendorong produktivitas yang membentuk daya saing suatu daerah. Hasil IDSD dapat dibandingkan dalam tataran Nasional dan Internasional serta memberikan data dan informasi untuk rujukan dalam perumusan kebijakan, fasilitasi, dan pembinaan daya saing daerah.


Adapun manfaat yang diperoleh, yaitu BRIN dapat meningkatkan pemantauan dan pembinaan kepada BRIDA, dengan harapan Pemerintah Daerah dapat meningkatkan daya saing daerahnya. BRIDA dapat meningkatkan kualitas rumusan rekomendasi kepada Pemda serta dunia usaha dapat meningkatkan strategi investasi dan pengembangan usahanya. #Wck.