(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda Buleleng Roadshow Tiga Hari Sosialisasi Inovasi Daerah

Admin brida | 10 Maret 2023 | 392 kali

Sosialisasi dilaksanakan di tiga wilayah, diantaranya wilayah Buleleng Timur yang meliputi Kecamatan Tejakula, Kubutambahan dan Kecamatan Sawan yang dipusatkan di Wantilan Desa Kerobokan. Wilayah Buleleng tengah meliputi Kecamatan Buleleng, Sukasada, dan Banjar yang dipusatkan di Wantilan Kelurahan Banjar Jawa Singaraja. Sedangkan untuk wilayah Barat dipusatkan di Wantilan Desa Tangguwisia meliputi Kecamatan Seririt, Busungbiu dan Kecamatan Gerokgak.

 

Menurut Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, Drs.Made Supartawan, M.M., sosialisasi yang dilaksanakan ini dalam rangka menumbuhkan budaya inovasi di masyarakat. Ia mengakui kondisi inovasi di daerah sejak tahun 2020, Buleleng sempat mendapatkan penghargaan untuk katagori kabupaten sangat Inovatif, kemudian tahun 2021 menurun menjadi kabupaten inovatif. Kondisi ini menurut Supartawan, perlu motivasi kepada masyarakat untuk tetap kreatif menghasilkan karya inovasi setiap pelaksanaan pembangunan di pemerintahan desa maupun di masyarakat.

 

Selain itu, Supartawan juga menyatakan pentingnya inovasi sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2017 bahwa inovasi merupakan kegiatan penting dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, meningkatkan pelayanan publik, yang kemudian akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia mengakui selain sosialisasi inovasi untuk meningkatkan motivasi masyarkat berinovasi, juga telah dilaksanakan lomba karya inovasi sejak tahun 2020.

 

Namun untuk tahun 2023 Balitbang Inovda tidak melaksanakan Lomba Karya Inovasi Kabupaten Buleleng, karena lebih serius untuk melakukan sosialisasi inovasi dulu, ungkap Supartawan. Untuk mengetahui dan masyarakat bisa mendaftarkan inovasinya yang dibuat, Balitbang Inovda telah membuat aplikasi yang disebut dengan Si Indah (Sistim Inovasi Daerah). Dengan Aplikasi ini masyarakat bisa mengakses untuk mendaftarkan Inovasinya.

 

Untuk mendukung sosialisasi Inovasi Ini, Balitbang Inovda menggandeng Tenaga ahli atau Narasumber dari beberapa perguruan tinggi di Buleleng, seperti Dr. Nyoman Tika dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Ir. Made Suarsana dari Universitas Panji Sakti Singaraja, dan Nyoman Supada, S.E.,M.M., dari Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Sosialisasi berjalan sangat menarik karena diisi dengan diskusi yang hangat seputar bagaimana meningkatkan target inovasi di Kabupaten Buleleng, untuk mendukung peningkatan kinerja Pemerintah Daerah. #Roy.