(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Duren Kiraja Desa Madenan Terima Hak Kekayaan Intelektual Sumber Daya Genetik

Admin brida | 14 Agustus 2023 | 946 kali

Penandatanganan Nota Kerjasama antara Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi Bali, hari ini (14/8) berlangsung di Ball Room Hotel Kartika Plaza Kuta Bali.

 

Penandatanganan secara simbolik serangkaian dengan kegiatan kerjasama pemantauan dan pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual dengan instansi terkait. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balitbang Inovda, Drs. Made Supartawan, M.M., dengan Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kemenkumham Bali, Alexander Palti. Nota kerjasama ini selain menyangkut pelayanan hukum dan hak asasi manusia di Kabupaten Buleleng, sekaligus kerjasama dalam fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual Kabupaten Buleleng.

 

Kakanwil Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Alexander Palti mengatakan Kemenkumham tetap komitmen melakukan sinergi dengan instansi terkait di Bali, untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap semua hasil olah pikir dan potensi masyarakat, melalui pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

Menurut Alexander, yang paling penting dalam sebuah karya cipta adalah adanya hak royalty yang akan diperoleh oleh pencipta terhadap hasil karyanya. Menurutnya, sangat perlu kehadiran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) dalam penyelenggaraan pengelolaan royalty sesuai Permenkumham Nomor 9 Tahun 2022. Dengan adanya LMKN di daerah, maka akan memberikan perlindungan moral terhadap karya cipta, sekaligus memberikan hak ekonomi kepada pencipta.

 

Terkait dengan kegiatan sosialisasi ini, diserahkan beberapa sertifikat pencatatan Hak Kekayaan Intelektual, diantaranya sertifikat pusat perbelanjaan berbasis KI, dan sertifikat Sumber Daya Genetik Kabupaten Buleleng Duren Kiraja Desa Madenan.


Tampil beberapa nasumber yang menyampaikan materinya seputar sinergitas dalam Penegakan Hukum Kekayaan Intelektual di Provinsi Bali oleh Kapolda Bli, dan Peran Lembaga Manajemen Kolektif Seni Pertunjukan dan musik di Provinsi Bali oleh Bernard Nainggolan. Hadir dalam acara sosialisasi ini, dinas terkait pengelolaan HKI, perguruan tinggi se-Bali dan juga penegak hukum di wilayah Polda Bali. #Roy.