(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Kaji Efektivitas Program Ketenagakerjaan, tenaga ahli sampaikan paparan awal

Admin brida | 12 April 2022 | 154 kali

Akibat merebaknya covid-19 yang berkepanjangan, sangat berdampak pada berbagai sektor termasuk ketenagakerjaan. Permasalahan-permasalahan yang terjadi terutama pada tenaga kerja yang terdampak dimulai dari perusahan yang merumahkan tenaga kerjanya, banyak perusahaan yang memotong upah yang  tidak sesuai dengan ketentuan perundangan bahkan ada dampak terburuk terjadinya PHK sehingga menimbulkan perselisihan dan pengangguran yang berdampak kerawanan sosial dan kemiskinan.

Hal ini diungkapkan oleh Tenaga Ahli dari Universitas Ganesha, Dr. Gede Adi Yuniarta, SE.,AK.,M.Si pada acara paparan laporan pendahuluan di ruang rapat Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, pada hari Selasa, 12 April 2022. Lebih lanjut disampaikan, berbagai program telah digelontorkan oleh pemerintah untuk menanggulangi hal tersebut, seperti berbagai bantuan subsidi, insentif dan khusus di Kabupaten Buleleng telah diadakan berbagai pelatihan tenaga kerja dan penempatan tenaga kerja. Untuk melihat program tersebut efektif atau tidak dan strategi apa yang perlu dilakukan, memerlukan kajian dan pembahasan lebih lanjut. 

Dalam kesempatan tersebut hadir dari APINDO Kabupaten Buleleng, SPSI, BPJS ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja kabupaten Buleleng. (Supartawan/Balitbang/22).