(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Persiapan Kunjungan Kemenko PMK ke Kabupaten Buleleng Pantau RAN PIJAR

Admin brida | 28 Agustus 2024 | 745 kali

BULELENG, Persiapan Penerimaan Kunjungan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia ke Kabupaten Buleleng dalam rangka pemantauan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR), dilaksanakan hari ini, Rabu (28/8) di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buleleng.

 

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Buleleng Ida Ayu Kade Septiani Utami, S.Pd., M.Par., dan diikuti oleh Kadis P2KBP3A Kabupaten Buleleng, Perwakilan Inspektorat Daerah, BPKPD, Badan Kesbangpol, Dinkes, Dinsos, Disdikpora, Kominfosanti, Disdukcapil, Disnaker, DLH, DPMD, Dinas PUTR, Disbud, dan dari Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Muda, Ketut Arsudipta, SE.

 

Dalam sambutannya, Kade Septiani menyampaikan bahwa tujuan dari pertemuaan ini terkait rencana kunjungan dari Tim Kemenko PMK berkaitan dengan RAN PIJAR, dan terkait monev pemantauan capaian indikator-indikator dari RAN PIJAR di Kabupaten Buleleng. Tujuan Umum dari RAN PIJAR adalah terwujudnya kondisi anak usia sekolah dan remaja Indonesia yang sehat, tinggal dalam lingkungan yang aman dan sportif. Selain itu juga, untuk memberikan kesempatan belajar dan meningkatkan keterampilan hidupnya agar dapat berkontribusi aktif dalam masyarakat, dan memiliki ketahanan serta mampu mengendalikan sikap secara mandiri.

 

Adapun 5 Strategi RAN PIJAR, yaitu 1) Penguatan komitmen dan koordinasi serta kerjasama lintas sektor untuk seluruh pemegang kepentingan; 2) Perluasan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas; 3) Lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak dan remaja; 4) Perbaikan kualitas dan akses untuk menunjang peningkatan pendidikan, keterampilan hidup, dan peran serta anak usia sekolah dan remaja; dan 5) Penguatan dan pengembangan sistem informasi, data, riset, dan inovasi dalam pengembangan program.

 

Kunjungan Kemonko PMK ke Kabupaten Buleleng rencana akan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2024. Adapun agendanya yaitu melaksanakan kunjungan lapangan, ke sekolah yang sudah ditentukan dan melaksanakan rapat koordinasi pembahasan indikator RAN PIJAR bersama perangkat daerah terkait.


Sesuai hasil rapat, untuk sementara lokus kunjungan lapangan RAN PIJAR disepakati di SD Negeri 3 Banjar Jawa dan diharapkan bagi Tim RAN PIJAR Kabupaten Buleleng untuk mengisi matrik indikator pencapaian peningkatan kesejahtraan anak usia sekolah dan remaja. #Adt.