(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

MIPC Siap Tampilkan Kuliner dan Produk Khas Buleleng Hingga Penyerahan 28 Sertifikat Kekayaan Intelektual

Admin brida | 18 Juni 2024 | 2756 kali

Buleleng siap gelar kegiatan Mobile Intelectual Property Clinic (MIPC) mulai tanggal 19 sampai 21 Juni di Gedung Kesenian Singaraja. Kegiatan unggulan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali ini melibatkan berbagai steakholder, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Oropinsi, Perguruan Tinggi, dan UMKM.

 

Dengan mengusung tema "Lindungi Aset Kekayaan Intelektual untuk Menstimulus Daya Saing UMKM di Propinsi", sejalan dengan strategi Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam  meningkatkan keberadaan UMKM naik kelas di daerah ini.

 

Melalui MIPC diharapkan akan mampu mendorong geliat usaha ekonomi masyarakat, serta menguatkan keberadaan potensi Kekayaan Intelektual Kabupaten Buleleng dalam menumbuhkan prekonomian masyarakat  menghadapi daya saing di era global saat ini.

 

Berbagai kegiatan strategis dilaksanakan selama tiga hari kegiatan MIPC dengan memadukan antara pementasan seni budaya dan musik, dengan edukasi, sosialisasi, TOT dan konsultasi Kekayaan Intelektual. Dengan kehadiran Tim expert dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual, akan mampu memberikan layanan langsung kepada masyarakat untuk mendapat jawaban berbagai masalah yang menyangkut Kekayaan Intelektual.

 

Setiap hari kegiatan akan diisi dengan Pelayanan dan konsultasi terkait tugas dan fungsi Kemenkumham, baik layanan pendaftaran KI, juga konsultasi masalah hukum secara umum, baik keemigrasian  dan pembuatan pasport.

 

Hari pertama peserta akan diberikan TOT dengan beberapa materi, diantaranya; Penguatan kapasitas manajemen bagi sentra KI, baik di Mall Pelayanan Publik, Perguruan Tinggi  maupun di steakholder lainnya; Peningkatan Pengetahuan Manajemen Kekayaan Intelektual; Peningkatan kapasitas fasilitasi pendaftaran merek personal dan kolektif melalui aplikasi online mandiri; dan Peningkatan kapasitas fasilitasi merek, hak cipta, dan disain industri.

 

Sementara hari kedua diisi dengan materi; Pemberian layanan konsultasi asistensi pendaftaran KI, layanan emigrasi dan layanan administrasi hukum umum; dan Pendampingan pembentukan MPIG dan penyusunan deskripsi Indikasi Geografis.

 

Sedangkan hari ketiga lebih fokus diiisi dengan materi FGD tentang pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal yang bernilai ekonomi. Dengan demikian diharapkan seluruh pemahaman tentang Kekayaan Intelektual bisa memberikan motivasi bagi masyarakat dalam percepatan pendaftarannya.


Selain itu, hadirnya 40 UMKM yang akan memamerkan produk unggulan yang bernuansa khas Buleleng, mulai kuliner hingga produk usaha lainnya akan menjadi daya tarik kegiatan MIPC. Masyarakat juga akan dimanjakan dengan penampilan band-band lokal, seperti NPC musik Bali, Dadi musik, dan bintang tamu dari Motivora, Lolot, dan  DJ Mahesa. #Roy.