(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Koordinasi Kajian dan Sensus Desa Adat Bersama Brida Bali

Admin brida | 25 Oktober 2022 | 121 kali

Selasa, 25 Oktober 2022 Bidang Sosial dan Pemerintahan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan koordinasi terkait informasi penyusunan kajian tahun 2023, dan Data Sensus Desa Adat ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali.

Balitbang Inovda yang dipimpin para Peneliti Ahli Muda, Ketut Arsudipta, S.E., I Gede Putu Wirata S.Sos., dan I Nyoman Pande Sumertha, S.E., diterima langsung oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan, bapak Dr. I Ketut Wica, S.Sos.,M.H., bersama Putu Gede Bayu Negara Wellas, S.STP., selaku Analisis Kebijakan Ahli Muda Substansi Bidang Pemerintahan Desa.

Dalam Koordinasi, Gede Bayu Negara menyampaikan terkait penelitian pada tahun 2023 khusus Bidang 1 rencana terkait dengan kajian potensi desa adat, potensi desa adat tersebut arahnya pada unit usaha untuk Bupda. Sedangkan penelitian kedua yaitu penelitian terkait dengan keamanan desa adat, penelitian ini merupakan inisiasi terkait penelitian inovasi pengamanan pratima yang didasari Peraturan Gubernur Bali Nomor 25 Tahun 2020 tentang fasilitasi Perlindungan Pura Pratima dan Simbol Keagaaman. Hal tersebut dilaksanakan karena bentuk-bentuk pelanggaran yang didapat selama ini adalah berupa pelecehan pura dan simbol-simbol keagaaman serta pencurian pratima. Seluruh kajian tersebut dilaksanakan dengan swakelola tipe II.

Untuk kegiatan Sensus Desa Adat, hingga bulan ini memasuki tahap analisis dan pelaporan, mesku pada tahap analisis sempat terjadi kendala. Pada bulan Nopember ini akan dilaksanakan FGD yang akan menggundang kabupaten/kota untuk penyampaian hasil analisis sesuai dengan kondisi eksisting data, imbuhnya. (Adt).