(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Rapat Persiapan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana

Admin brida | 25 April 2022 | 175 kali

Pada Senin, 25 April 2022 Kepala Bidang Sospem Balitbang Inovda Buleleng, Ketut Ariawan, S.Sos., memimpin rapat staf terkait Persiapan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang dihadiri oleh Peneliti Ahli Muda dan Staf Bidang Sospem, bertempat di Ruang Kerja Bidang Sompem. HKBN Tahun 2022 tepatnya pada Selasa, 26 April 2022 Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng akan melaksanakam simulasi menghadapi bencana gempa bumi. Adapun skenario simulasi gempa bumi untuk diruangan bidang sospem sebagai berikut.

Sebelum terjadi Gempa Bumi seluruh pegawai Bidang Sospem melaksanakan aktivitas rutin dengan keadaan normal seperti biasa. Kemudian, Terjadi Gempa Bumi di Kabupaten Buleleng, Saat terjadi gempa semua pegawai berlindung dibawah kolong meja atau di pojok ruangan  yang jauh dari kaca serta dengan melindungi kepala dengan buku, tas, dan benda lain yang ada disekitar.

Setelah selesai gempa, seluruh pegawai yang berada di Bidang Sospem keluar dari ruangan menuju titik kumpul dengan jalan melalui jalur evakuasi yang sudah ditentukan sambil berjalan dengan melindungi kepala. Sedangkan apabila ada korban yang tidak bisa keluar agar tetap diam dan menunggu pertolongan dari petugas evakuasi.

Setelah semua bisa keluar dan sudah berada dititik kumpul, maka pegawai bidang melakukan pengecekan jumlah pegawai yang berada dititik kumpul, apabila ada yang masih terjebak didalam ruangan bidang sospem agar segera melaporkan kepada petugas evakuasi, agar segera dilaksanakan pertolongan oleh tim.

Selanjutnya setelah berada dititik kumpul seluruh pegawai menghubungi keluarga masing-masing dan memastikan kondisi keselamatan keluarga dalam keadaan selamat serta agar kita semua tidak panik pasca terjadi gempa tersebut.

Tujuan dari simulasi/latihan kebencanaan adalah sebagai latihan kesiapsiagaan dengan melaksanakan evakuasi mandiri dan meningkatkan kesadaran juga kewaspadaan kita semua tentang resiko bencana. (Sucika).