(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Indonesia Peringkat 4 Padat Penduduk, Buleleng Bahas GDPK 5 Pilar

Admin brida | 30 Juni 2022 | 124 kali

Kamis, 30 Juni 2022, Peneliti Ahli Muda Substansi Kependudukan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bapak I Gede Putu Wirata, S.So.,s bersama Analis Desa dan Kelurahan, Putu Sucika, S.Sos., menghadiri Pertemuan Pembahasan Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar, bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng. Turut hadir pula perwakilan SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng serta seluruh Koordinator PKB/PLKB se-Kecamatan Buleleng.

Rapat dibuka oleh Ibu Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan, S.E., selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng. Dalam sambutannya, Dwi Priyanti menyampaikan Indonesia berada pada peringkat 4 dunia untuk kepadatan penduduk, untuk itu bagaimana tentang kependudukannya nanti perlu didesign arahnya ke depan dengan adanya kolaborasi dari seluruh OPD se-Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya, I Made Sukarma, S.Sos., Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana memaparkan terkait dengan Grand Design Pembangunan Kependudukan yang merupakan kerangka utama atau rencana induk pembangunan yang memuat visi, misi, arah kebijakan, tujuan dan sasaran pembangunan di bidang kependudukan. 

Selain itu, dilanjutkan pemaparan dari Dr. Ida Bagus Made Astawa M.Si., yang merupakan Ketua Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kabupaten Buleleng yang menjelaskan terkait dengan urgensi, tahapan penyusunan dan draft sistematika GDPK 5 Pilar. (Sucika).