(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Monev Hasil Kajian Kelitbangan 2021

Admin brida | 07 Desember 2021 | 182 kali

Selasa, 7 Desember 2021, Balitbang Buleleng melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) Kajian Kelitbangan tahun 2021 dengan dikoordinir Kabid Ekonomi dan Pembangunan Balitbang, I Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E. Monev dilaksanakan ke Dinas Pertanian Buleleng dan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Buleleng.

Pada Dinas Pertanian diterima oleh Kabid Holtikurtura dengan kajian Pengembangan Agrowisata Pertanian Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Pancasari. Dari hasil monev, rekomendasi hasil kajian beberapa telah dituangkan dalam beberapa kegiatan, seperti; pengembangan kawasan mawar di Kelompok Tani Mekar Sari Desa Pancasari; Revitalisasi STA (Sub Terminal Agrobisnis) berupa pembangunan gedung serbaguna di STA Pancasari; bantuan benih markisa di Kelompok Tani Segening dan Kelompok Tani Mekar Sari Pancasari.  Kendala dalam pelaksanaan tindak lanjut adalah terkendala anggaran, sehingga tindak lanjut masih menyesuaikan skema program kegiatan yang ada.

Untuk Disdagprinkop dan UKM Kabupaten Buleleng diterima oleh Kabid Koperasi, dengan kajian Strategi Pengembangan Koperasi Sektor Riil untuk Penguatan Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Buleleng. Dari hasil rekomendasi beberapa point sudah ada, dan beberapa point masih dalam rancangan kegiatan tahun 2022.  Adapun kendala dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil rekomendasi adalah kemampuan manajeman koperasi yang masih rendah  di dalam mengeksekusi sebuah kebijakan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan usaha sektor riil. (Gd. Suardika/Balitbang/21).