(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

FGD I Kajian Pengembangan Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana di Buleleng

Admin brida | 27 Juli 2022 | 157 kali

Rabu, 27 Juli 2022, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD I), Kajian Pengembangan Model Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana pada Desa Sambangan dan sekitarnya di Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini dipimpin Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, M.M., beserta narasumber tenaga ahli, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., dan Ibu Dr. Ni Made Ary Widiastini, S.St.Par.,M.Par., dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Sedangkan peserta dari Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, perwakilan Camat Sukasada, Ketua LPPM Undiksha, Ketua PPPM STAH Mpu Kuturan,  Sekretaris Balitbang serta para Kepala Bidang dan Peneliti Ahli Muda Bidang Sospem Balitbanginovda, Perbekel Desa Baktiseraga, Perbekel Desa Panji dan perwakilan dari Desa Sambangan.

Kepala Balitbang dalam sambutannya, menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Laporan Study Pendahuluan yang telah dilaksanakan pengambilan data survey, pengolahan data dan analisis data. Tujuan FGD I ini yaitu untuk mendapatkan Saran dan masukan atas hasil laporan sementara kajian yang telah dikumpulkan, sehingga dapat dijadikan rekomendasi dan menyempurnakan hasil kajian.

Dalam paparannya, Ni Made Ary Widiastini menyampaikan sudah melaksanakan survey ke lapangan dan membuat trial paket wisata, yaitu Track Agrosubak dan Track Agroventure yang nantinya akan menghasilkan model paket wisata bagi Desa Sambangan dan sekitarnya. (Dipta).