(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Buleleng Hadiri Rakor Data Air Minum dan Sanitasi

Admin brida | 07 April 2022 | 171 kali

Kamis, 7 April 2022 bertempat di ruang rapat Bappeda Kabupaten Buleleng, Balitbang menghadiri undangan rapat koordinasi dan kompilasi data-data terkait Air Minum dan Sanitasi. Rapat dipimpin oleh fungsional Perencana Ahli Muda substansi Infrastruktur dan Kewilayahan dalam hal ini mewakili Kepala Bappeda. Rapat dihadiri oleh Dinas PUTR, Dinas Kesehatan, Dinas LH, Dinas PMD, Dinas Perkimta, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Bagian Kesra Setda serta Perumda Air Minum Tirta Hita.

Rapat dilakukan dalam rangka pelaksanaan pengajuan untuk kegiatan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award. Kegiatan AMPL Award merupakan bagian dari kegiatan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) Tahun 2022. AMPL Award diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki kinerja terbaik dan terobosan inovatif dalam pembangunan air minum dan sanitasi diwilayahnya.

Kategori penerima AMPL adalah pemerintah Kabupaten/Kota, Komunitasi Masyarakat  serta kategori khusus. Yang diikuti Kabupaten Buleleng yaitu kategori pemerintah kabupaten/kota dan komunitasi masyarakat, Untuk kategori khusus, award akan diberikan tanpa mekanisme penjaringan atau langsung dilakukan penilaian oleh pemerintah pusat. Kriteria penilaian AMPL Award yaitu besarnya gap akses layak dan aman air minum dan sanitasi yang berhasil dicapai dalam 3 tahun terakhir, alokasi APBD dalam investasi dan pemeliharaan infrastruktur air minum dan sanitasi serta inovasi dalam pemanfaatan berbagai sumber pendanaan yang ada serta inovasi kabupaten/kota dalam pengelolaan kelembagaan dan regulasi dalam pembangunan air minum dan sanitasi aman dan berkelanjutan.

Pokja PPAS Provinsi akan melakukan penjaringan terhadap kabupaten/kota dan komunitas masyarakat yang memenuhi kriteria penilaian AMPL Award dan akan mengusulkan 3 besar yang masuk nominasi kepada Pokja PPAS Nasional. Dalam rapat ini dilakukan pengumpulan data-data terkait air minum dan sanitasi (air limbah, sampah dan drainase) yang dibutuhkan dalam pengajuan nominasi AMPL Award. Untuk Balitbang dapat dilengkapi kebutuhan data-data terkait inovasi kelompok masyarakat dalam sektor air minum dan sanitasi. Data-data terkait diminta dikumpulkan paling lambat Sabtu 9 April 2022 melalui WA grup yang sudah dibuat Bappeda. (Anik W/Balitbang/22).