(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Bhakti Penganyar Pemerintah Kabupaten Buleleng di Pura Segara Rupek

Admin brida | 16 April 2022 | 170 kali

Sabtu, 16 April 2022, Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, M.M., bersama staf mengikuti acara bhakti penganyar yang diselenggarakan oleh Pemkab. Buleleng di Pura Segara Rupek, Kecamatan Gerokgak, dihadiri Oleh Wakil Bupati Buleleng bersama istri, Ketua DPRD bersama istri, Sekda, Asisten III beserta jajarannya.

Kebanyakan orang mengira bahwa ujung barat Bali terletak di Gilimanuk, namun nyatanya itu tidak benar. Pasalnya masih ada Pura Segara Rupek yang berlokasi di Kabupaten Buleleng. Menurut Susastra Babad disinilah kisah terpisahnya Pulau Jawa dan Pulau Bali dimulai sekaligus menjadi jarak paling dekat antara kedua pulau tersebut.

Pura Segara Rupek ini berada di area Taman Nasional Bali Barat atau yang disingkat TNBB dimana untuk bisa mencapai lokasi pura tersebut bisa dikatakan cukup susah. Meskipun begitu keindahan dari salah satu tempat bersejarah ini sangatlah menakjubkan, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berwisata. (Wicaksana/Balitbang/22).