(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

FGD Laporan Akhir Kajian Risiko Bencana (KRB) Kabupaten Buleleng Tahun 2022-2026

Admin brida | 15 Juni 2022 | 166 kali

Kepala Bidang Sospem Balitbang Inovda Buleleng, Ketut Ariawan, S.Sos., menghadiri undangan FGD Laporan Akhir KRB bertempat di ruang rapat Dinas Pertanian, Rabu, 15 Juni 2022. Rapat diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Buleleng dan dibuka langsung oleh Kalaksa BPBD, Putu Ariadi Pribadi, S.STP., M.AP.

Dalam sambutannya, Ariadi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya FGD ini dalam rangka membahas dan menjaring masukan atas hasil penyusunan KRB yang dilaksanakan dan dipaparkan oleh CV. Yogawidya Sarana Desain. Kegiatan dilaksanakan dengan diskusi yang mencakup 3 hal utama yaitu Analisis Mengurangi Kerentanan, Penurunan Ancaman dan Peningkatan Kapasitas. Selain itu dibahas juga tentang kebutuhan data, sistematika pelaporan kajian, dukungan OPD dan dunia usaha.

Setelah finalisasi, KRB akan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (PRB), Penyusunan Draf Perbup dan bahan untuk Pengajuan Perda tentang Penanggulangan Bencana Daerah. Melalui KRB akan dijadikan pijakan bagi Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam pengambilan kebijakan tentang penanggulangan bencana di daerah.

Hadir dalam FGD ini perwakilan dari OPD terkait sebagai Tim Pembahas, Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali, Camat se-Kabupaten Buleleng, LPPM Undiksha, BPS, Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, dan Stakeholder terkait lainnya. (Ariawan).