(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Study Pendahuluan Kajian Pengembangan Model Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana

Admin brida | 20 Mei 2022 | 192 kali

Rapat Penyampaian Study Pendahuluan Kajian Pengembangan Model Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana pada Desa Sambangan dan sekitarnya di Kabupaten Buleleng, dipimpin langsung oleh Drs. Made Supartawan, M.M., Kepala Balitbang Inovda Buleleng dan didampingi Tim Tenaga Ahli, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed, Ida Bagus Gede Paramita, S.S., M.Si, dan Dr. I Nengah Suastika, M.Pd bertempat di Ruang Rapat Balitbang Inovda Buleleng. Jumat (20/5) pagi.

Rapat dikuti oleh Dispar, Disbud, DLH, DPUTR, Kabid Sospem, Kabid Intek, Peneliti Ahli Muda, Perwakilan Camat Sukasada, Perbekel Desa Sambangan, Panji dan Baktiseraga serta Kelian Adat Desa Sambangan.

Dalam Paparan Tenaga Ahli yang diwakili oleh Nengah Suastika menyampaikan bahwa Kajian ini menghasilkan pengembangan model desa agrowisata yang merupakan perpaduan dari pertanian, perkebunan/perhutanan dan peternakan dengan berbasis Tri Hita Karana yang memperhatikan parhyangan, palemahan dan pawongan dimana Desa Sambangan merupakan desa transisi antara perkotaan dan perdesaan sehingga nantinya adat istiadat/budaya tidak luntur.

Adapun sasaran dalam kajian ini adalah menghasilkan kajian pengembangan desa agrowisata, menu paket agrowisata, web, peta dan promosi berbasis IT, serta  Rekomendasi Kajian dalam penyusunan perda, rekomendasi kajian pengembangan pupuk, kuliner dan mapping pertunjukan seni. Selain itu dilaksanakan diskusi oleh seluruh peserta yang hadir sehingga kajian ini mendapatkan masukan sebagai data awal penelitian yang dapat bermanfaat bagi Tim Tenaga Ahli dan Balitbang Inovda Buleleng. (Sucika).