(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Seminar Transformasi Pertanian Bali

Admin brida | 16 Juni 2022 | 197 kali

Kamis, 16 Juni 2022, Balitbang Inovda Buleleng mengikuti undangan seminar melalui daring yang diselenggarakan oleh BRIDA Provinsi Bali. Acara dibuka  oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, ibu Puspitawati yang dalam sambutannya menegaskan bahwa Bali memiliki masalah fundamental, yakni terlalu bergantung pada Sektor Pariwisata, sehingga rentan terhadap guncangan ekonomi.

Seminar ekonomi makro triwulan I tahun 2022 ini bertajuk "Transformasi Pertanian Bali". Tujuan dilaksanakannya seminar adalah untuk mengetahui perkembangan terkini perekonomian Bali. Seminar diikuti oleh seluruh perangkat daerah Provinsi Bali, unsur Perguruan Tinggi se-Bali, Bappeda, Balitbang se-Bali, BPS se-Bali, Ketua Himpunan Petani Muda Keren dan praktisi petanian serta Petani organik. Hadir sebagai Narasumber, Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas, Prof. M. Firdaus, guru besar IPB dan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Beberapa hasil potret  perkembangan perekonomian Bali Triwulan I sampai dengan bulan Mei 2022, yaitu Adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi Bali, sejalan dengan menggeliatnya aktivitas pariwisata. Kategori pertanian terhadap PDRB Provinsi Bali cenderung menunjukkan penurunan, walau meningkat pada masa Pandemi covid 19. Terjadi penurunan jumlah RT usaha pertanian di seluruh Kabupaten/Kota dan juga penurunan jumlah RT usaha pertanian untuk seluruh sub kategori, dimana sub kategori holtikultura mengalami penurunan (21,05%).

Beberapa peluang di sektor pertanian masih terbuka lebar, sehingga sangat layak untuk diperhatikan seperti share pertanian terhadap PDRB dibeberapa Kabupaten/Kota masih cukup tinggi, kecuali di Kabupaten Badung, Gianyar dan kota Denpasar. (Sumbertiasih).