(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Sosialisasi Pemanfaatan Keyboard Aksara Bali

Admin brida | 26 April 2023 | 356 kali

Rabu, 26 April 2023 bertempat di Ruang Rapat Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng dilaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Keyboard Aksara Bali. Kegiatan dipimipin oleh Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah, Bapak Drs. Made Supartawan, M.M., didampingi Kepala Bidang Pengembangan Inovasi dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Bapak Dr. I Ketut Raka Armaja, S.E., M.M.A., Tenaga Ahli Universitas Udayana, Bapak Cokorda Rai Adi Pramartha, Ph.D., dan Direktur PT. Percetakan Bali, Bapak Sayangi Lagasin Sengge.

 

Ketut Raka Atmaja dalam acara menyampaikan keyboard aksara Bali ini, perlu disosialisasikan pemanfaatannya, karena keyboard ini diciptakan untuk generasi muda yang saat ini masih kesulitan dalam belajar bahasa Bali, khususnya dalam hal tulis menulis aksara Bali. Dengan adanya keyboard aksara Bali ini akan lebih mudah untuk mempelajari aksara Bali tersebut, sehingga bahasa Bali bisa berkembang di era digital, dan tetap ajeg sesuai dengan amanat Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

 

Selanjutnya Cokorda Pramartha selaku Tenaga Ahli Universitas Udayana dan juga salah satu pencetus keyboard aksara bali yang hadir sebagai narasumber, menyampaikan latar belakang dan urgensi pencetusan keyboard aksara Bali. Keyboard aksara Bali yang bermerek Tamiang, dalam pembuatan aksara dalam keyboard melibatkan para pakar aksara Bali, dan terdapat 93 aksara Bali.  Selain itu jenis tampilan aksara atau font yang tersedia di dalam keyboard juga sudah beragam. Keyboard aksara Bali bermerek Tamiang ini sudah dilaunching oleh Gubernur Bali, dan untuk penggunaan akan digunakan di 3.216 sekolah se-Bali. Acara juga diisi praktek langsung penggunaan keyboard aksara Bali oleh peserta rapat yang terdiri dari perwakilan Penyuluh Bahasa Bali, dan Guru Bahasa Bali se-Kabupaten Buleleng. #Sck.