(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Monev Sensus Semesta Berencana di tiga desa validasi rendah

Admin brida | 06 Juli 2022 | 78 kali

Rabu, 6 Juli 2022, bertempat di Sekretariat Desa Adat Tukad Sumaga dilaksanakan kegiatan monev terkait progress Validasi Sensus Semesta Berencana Sumberdaya Bali berbasis Desa Adat. Monev diwakili Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbang Buleleng, Ketut Ariawan, S.Sos., dengan diterima oleh Klian Desa Adat Tukad Sumaga bersama Penyarikan Desa Adat.

Untuk Kabupaten Buleleng capaian validasi sudah mencapai 97,6%, dan masih ada 3 Desa Adat yang berada di posisi sedang maupun rendah, yaitu Desa Adat Tukad Sumaga, Gentuh dan Sangsit Dauh Yeh. Monev dilaksanakan untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dialami dalam input data, dan memfasilitasi dengan BRIDA untuk percepatan capaian validasi data sensus.

Secara umum kendala terjadi karena adanya maintenance server dan system di aplikasi sensus, sehingga data belum bisa diinput serta kesulitan pada saat input data jumlah krama. Hal ini sudah dilakukan koordinasi dengan petugas Penyuluh Bahasa Bali yang sekaligus sebagai validator untuk membantu. (Ariawan).