(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Study Pendahuluan Kajian Rekonstruksi Model Desa Wisata Traditional Balinese Life

Admin brida | 20 Juli 2022 | 174 kali

Kajian Rekonstruksi Model Desa Wisata Traditional Balinese Life mengambil lokasi di Desa Bali Aga, Kabupaten Buleleng. Pada acara study pendahuluan ini dipimpin oleh Sekretaris Balitbang Inovda Buleleng, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., dan didampingi Tim Tenaga Ahli dari Undiksha Singaraja, Dr. I Nengah Suastika, M.Pd., Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami, S.Pd.,M.Pd., dan I Wayan Budiarta, S.Pd.,M.Pd., bertempat di Ruang Rapat Balitbang Inovda Buleleng. Rabu  (20/7).

Rapat diikuti oleh Dinas Pariwisata,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ketua LPPM Undiksha, Ketua LPPM Unipas, Ketua PPPM STAH Negeri Mpu Kuturan, Kecamatan Banjar, beberapa Perbekel Desa Bali Aga (Sidetapa, Cempaga, Tigawasa Pedawa, dan Banyuseri), Kabid Sospem, Kabid Ekbang, Kabid Intek, serta Pejabat Fungsional Barang Jasa dan Peneliti Ahli Muda Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbang Inovda.

Dalam Paparannya Nengah Suastika menyampaikan bahwa Kajian ini meggunakan metode Define, Designe dan Development, sehingga dapat menghasilkan kajian yang efektif. Selain itu dilaksanakan diskusi oleh seluruh peserta yang hadir untuk memproleh masukan.

Beberapa  masukan dari peserta rapat, yaitu dapat memodifikasi paket wisata yang sudah ada, sehingga dapat meningkatkan parwisata di Desa Bali Aga. Selain itu, mengemas potensi desa yang ada menjadi produk wisata  yang tidak merubah nilai dan tradisi adat Desa Bali Aga. Kalaborasi (kerjasama) antara Desa Dinas dan Desa Adat juga sangat diperlukan.

Dengan adanya masukan ini akan dijadikan sebagai data awal penyempurnaan kajian penelitian yang dapat bermanfaat bagi Desa Bali Aga. (Dipta).