(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Rakor Penyusunan Kajian EMAP Buleleng

Admin brida | 23 Februari 2022 | 144 kali

Balitbang Inovda Buleleng, 23 Pebruari 2022 menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka penyusunan Kajian EMAP Kabupaten Buleleng yang diusulkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi awal dan pembahasan draft KAK penelitian, yang dibuka oleh Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, dr. Gede Wiartana, M.Kes., serta dihadiri oleh Tim Ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid Lalu Lintas beserta staf.

Pada kegiatan ini menghasilkan persamaan persepsi dalam menyusun Kajian Efektifitas Rencana Pembuatan Aplikasi Elektronik Manajemen Aset Penerangan Jalan Umum (e-MAP) di Kabupaten Buleleng, Penerangan Lampu jalan merupakan suatu komponen penting pada suatu ruas jalan. Keberadaan penerangan lampu jalan dapat memberikan rasa aman dan nyaman khususnya pada saat malam hari kepada masyarakat pengguna jalan. Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari, sehingga mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Kabupaten di Bali yang telah mengalami perkembangan pesat baik dalam bidang pembangunan infrastruktur, penduduk, wisata dan berbagai bisnis usaha yang menjanjikan. Dengan adanya perkembangan tersebut, maka perlu adanya peningkatan baik dalam hal sarana dan prasarana khususnya pada kualitas serta fasilitas perlengkapan jalan dalam hal ini penerangan lampu jalan sehingga  masyarakat merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari serta sebagai penunjang aktivitas/kegiatan yang dilakukan khususnya saat malam hari.  Lampu Penerangan Jalan Umum merupakan barang-barang elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat meliputi perbaikan jaringan, penggantian lampu, ballast dan suku cadang lainnya yang mati, ataupun pengecekan kondisi panel PJU.

Kebijakan penyelenggaraan pemerintahan yang mengedepankan prinsip demokratis, transparan dan akuntabel, mengharuskan setiap Organisasi Perangkat Daerah menyediakan suatu sistem informasi yang mampu menyimpan, mengolah data menjadi informasi yang valid, akurat dan up to date, yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Di era keterbukaan seperti sekarang ini, sistem informasi harus dapat diakses secara online oleh masyarakat. Tak terkecuali dalam sistem informasi infrastruktur di Kabupaten Buleleng. Permasalahan yang dapat diidentifikasi untuk kebutuhan penyusunan Kajian Efektivitas Aplikasi Elektronik Manajemen Aset PJU (e-MAP) di Kabupaten Buleleng, antara lain Data yang tersajikan belum up to date jumlah asset PJU di Kabupaten Buleleng dan belum adanya data yang akurat dalam menentukan arah kebijakan untuk lampu penerangan jalan umum serta Kurangnya  personil berdampak tidak berkelanjutannya data PJU. (Wicaksana/Balitbang/22).