(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

BRIDA Bali Validasi Data Sensus Semesta Berencana Sumber Daya Bali Berbasis Desa Adat

Admin brida | 25 Mei 2022 | 283 kali

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Rabu, 25 Mei 2022 dilaksanakan sosialisasi validasi data sensus semesta berencana sumberdaya Bali Berbasis Desa Adat.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Tim Sosialisasi Brida Provinsi Bali Dr. Ketut Wica, SH., MH didampingi oleh Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Made Supartawan, MM dan sebagai narasumber Bapak I Made Abi Yoga Sanjaya, S.Ti dari Dinas Kominfos Provinsi Bali serta sebagai peserta adalah seluruh Penyuluh Bahasa Bali se-Kabupaten Buleleng.
 
Supartawan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari input data yang sudah dilakukan pada tahun 2021 yang rata-rata  persentasenya sudah tinggi, kemudian untuk mencari data yang diinput sudah benar sesuai dengan keadaan dilapangan  maka perlu dilakukan validasi data. Kami dari Pemerintah Kabupaten Buleleng khususnya di Badan Litbang mengucapkan terimakasih kepada para penyuluh bahasa bali yang perbantukan sebagai petugas sensus telah melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Buleleng memproleh hasil terbaik di Bali.
 
Selanjutnya Ketut Wica menyampaikan muatan-muatan instrumen desa adat yang sudah diinput perlu dilakukan validasi. Dalam validasi sudah menggunakan dashboard sistem yang akan divalidasi oleh petugas yaitu oleh seluruh Penyuluh Bahasa Bali, harapannya setelah dilaksanakan validasi data ini nantinya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kebijakan baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten.

Adapun Data yang divalidasi sebanyak 35 indikator seperti identitas desa adat, awig-awig, potensi yang ada dimasing-masing desa, yowana, jumlah krama desa adat termasuk juga warisan budaya dimasing-masing desa adat dan lain sebagainya. Nantinya data tersebut akan dapat dilihat dalam dashboard sistem @sensusadat.baliprov.go.id. yang mana hasil sensus ini akan dijadikan sebagai data base yang valid yang bisa digunakan sebagai bahan analis/kajian lebih lanjut oleh tim peneliti, imbuhnya. (Sucika).