(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Koordinasi Kajian 2023 Bersama Balitbang Kota Denpasar

Admin brida | 25 Oktober 2022 | 146 kali

Selasa, 25 Oktober 2022 Bidang Sosial dan Pemerintahan khususnya Sub Koordinator PKMD Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan koordinasi terkait informasi penyusunan kajian tahun 2023, ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Denpasar. Koordinasi yang dipimpin para Peneliti Ahli Muda, I Gede Putu Wirata, S.Sos., Ketut Arsudipta, S.E., dan I Nyoman Pande Sumertha, S.E., diterima langsung oleh Ibu I Dewa Ayu Sri Ratnaningsih, S.H., selaku Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbang Denpasar.

Dalam koordinasi tersebut, Ibu Dewa Ayu menyampaikan bahwa terkait rencana penyusunan kajian tahun 2023 di Balitbang sesuai dengan usulan di Rencana Induk Kelitbangan (RIK) 2023 terdapat 4 (empat) kajian, yaitu Penelitian Pengembangan di Bidang Kesehatan, Koperasi UKM, Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Inovasi dan Teknologi. Keempat kajian tersebut dilaksanakan oleh masing-masing bidang, khususnya untuk Bidang 1 (Sosial dan Pemerintahan) pada Tahun 2023 hanya ada satu kajian, yaitu penelitian pengembangan di Bidang Kesehatan.

Kajian-kajian yang dilaksanakan tersebut merupakan usulan atau permintaan dari OPD. Selain usulan dari OPD ada juga untuk kebutuhan Ranperda, contohnya pada anggaran perubahan ini ada kajian TPP mendadak, karena hasil catatan dari BPK proses TPP kota denpasar ada yang kurang ceklisnya, salah satunya adalah adanya kajian TPP. Untuk  pengadaan barang jasa dalam kegiatan kajian dilakukan dengan pengadaan swakelola tipe II yang  bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, seperti Universitas Udayana, Undiknas, dan Universitas Saraswati, imbuhnya. (Wir).