(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Balitbang Ikuti Workshop MBKM Unipas Singaraja

Admin brida | 07 April 2022 | 131 kali

Kami (7/4), bertempat di ruang sidang Unipas Singaraja, diselenggarakan Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  Prodi Studi Manajemen Fakultas  Ekonomis Unipas. Kegiatan Workshop MBKM dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi,  Bapak I Nyoman Suandana, SE.M.Si., dan dihadiri Wakil Rektor 1, Dr. I Made Madiasa, Wadek FE. Dra. Ketut Adi Mekarsari. M.M., Ketua LPPM Unipas, Balitbanginovda, RSUD Buleleng, Ketua Alumni FE Unipas,dan para dosen  serta sbg narasumber Dr. Ni Made Suci. M.Si., dari FE Undiksha Singaraja.

Workshop membahas penyesuaian kurikulum MBKM sesuai Permendikbud Nomor 03 tahun 2022 tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Permen ini merupakan produk baru yang  wajib dilaksanakan seluruh perguruan tinggi dengan tujuan  mampu mendorong mahasiswa bisa  belajar dengan merdeka di luar kampus yaitu melaksanakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika kekinian dari masyarakat dan  perkembangan intek pada era 4.0. Dengan menyiapkan pendidikan pembelajaran  sepanjang hayat, responsif dan adaptif terhadap perubahan.

Dari kurikulum yang dirancang kegiatan akan diarahkan dengan model Magang/Praktek Kerja dan model Penelitian Riset. Tentunya dari penyesuaian kurikulum  diperlukan kerjasama antara FE dengan lembaga dan stakeholder terkait, khusus menyangkut program kegiatan penelitian/Riset perlu dilakukan kerjasama Fakultas dengan Balitbanginovda maupun OPD lainnya.  Diberikan masukan kalau memungkinkan perlu disusun Mata Kuliah tentang Inovasi dan Penelitian sehingga Produk SDM FE Unipas, siap bersaing didunia kerja dan dunia wirausaha. Masukan dalam diskusi akan dijadikan rujukan utk menyusun kurikulum yang sesuai dg MBKM. (Ariawan/Balitbang/22).