(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Bali Menuju Cittakriya Bali Kerthi Nugraha

Admin brida | 04 April 2022 | 187 kali

Propinsi Bali melalui Badan Risert  dan  Inovasi-Bari  Daerah Bali akan melaksanakan lomba yang bertajuk Cittakriya Bali Ketrhi Nugraha. Kegiatan ini merupakan pengembangan dari  anugrah  Silpakara Nugraha yang selama ini telah dilaksanakan oleh Propinsi Bali. Cittakriya Bali Kerthi Nugraha merupakan penjaringan hasil inovasi baik perorangan maupun masyarakat  di Propinsi Bali. Hal ini disampaikan Kepala BARI propinsi diwakili Sesban BARI Propinsi Bali Nyoman Ngurah Subagia Negara, SH.M.Si dalam rapat sosialisasi persiapan pelaksanaan kegiatan Cittakriya Bali Ketrhi Nugraha tahun 2022.

Lebih jauh Sekban mengatakan, di era informasi teknologi saat ini, Bari meski harus menjebatani kreativitas pemanfaatan teknologi dengan karya inovasi baik dikalangan masyarakat ataunperirangah maupun dikalangan kaum mileneal. Hal ini menurut Sekban BARI, merupakan program andalan Baru sesuai dengan misi dan visi Gubernur Bali.  Kegiatan strategis ini dalam rangka memberikan perhargaan kepada kelompok masyarakat atau perorangan yang mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Selain itu sasarannya untuk memberikan motivasi agar tumbuh dan semakin berkembang munculnya karya karya inovasi sebagai upaya pemanfaatan teknologi sebagai kunci pemecahan masalah dan mencari solusi. Ia mengharapkan agar daerah dapat mengusulkan maksimal 3 calon penerima anugrah yang terbaik untuk selanjutnya dilakukan penilaian di Propinsi Bali melalui BARI Daerah Bali. Pengusulan hasil karya inovasi dari setiap daerah diharapkan akhir april sudah masuk ke BARI daerah Bali, dan peninjauan calon penerima anugrah akan dilaksanakan bulan Juni.

Sementara penetapan penerima anugrah akan dipilih hanya 4 karya inovasi masyarakat. Kreteria penilaian Anugrah kali ini menyangkut 6 inovasi terdiri dari, bidang pertanian, kelautan dan perikanan, industri,IKM, UKM dan Koperasi,Ekonomi kreatif dan digital, dan inovasi bidang Pariwisata Sosialisasi Tim Bari Bali, diikuti oleh Kabid Pengembangan Inovasi dan pengembangan KI, Raka Armadja SE,M.MA, dan berapa tim lainnya. Sementara itu, dari Balitbang Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng langsung dihadiri oleh Kaban Made Supartawan, para Kabid dan fungsional peneliti ahli muda dilingkungan Bidang Inovasi.

Diakhir sosialisasinya, Sekban mengharapkan agar dengan lomba ini semakin banyak hasil-hasil inovasi, baik dari masyarakat maupun dari kalangan OPD. Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, Made Supartawan, menjelaskan Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng telah juga melaksanakan lomba-lomba inovasi kepada masyarakat, sehingga Anugrah ini bisa semakin mendorong kreasi inovasi di masyarakat. (Roy/Balitbang/22).