(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Sosialisasi Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022

Admin brida | 04 Maret 2022 | 619 kali

Balitbang Buleleng ikuti sosialisasi nasional KIPP yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB, Jumat, 4 Maret 2022 melalui kanal Youtube “SINOVIC Kementerian PANRB”. Acara sosialisasi dibuka oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik serta narasumber dari Analis Kebijakan Utama KemenPANRB.

Tujuan KIPP sesuai dengan program kerja KemenpanRB ini adalah untuk meningkatkan kapasitas penyelenggaraan dan kualitas pelayanan publik, sesuai dengan Tema KIPP Tahun 2022 ini adalah ”Reformasi Birokrasi melalui implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital, yang diwujudkan dalam inovasi pelayanan publik menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)”.

Ada dua materi utama yang dibahas dalam sosialisasi KIPP tahun ini, melalui dasar hukum PermenPANRB Nomor 7 tahun 2021 (sebagai dasar pelaksanaan KIPP setiap tahun) dan KepmenPANRB Nomor 50 tahun 2022 (sebagai juklak KIPP di tahun berjalan), yaitu : 1) Kebijakan Umum KIPP Tahun 2022, meliputi : Tim Penyelenggara, Peserta, Tahapan Pelaksanaan, Persyaratan, Kriteria Inovasi Pelayanan Publik, Kelompok (Umum dan Khusus), Kategori, Seleksi, dan Tahapan Penilaian; 2) Penulisan Proposal, meliputi : Aspek Penilaian dan Bobot (Kelompok Umum dan Khusus), Dokumen Pendukung, Konsistensi Penulisan, Kelemahan Umum dalam Penulisan Proposal, Tim Penulis, dan Tim Review.

Pengajuan Proposal melalui SINOVIK (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik) https://sinovic.menpan.go.id/ yang akan dibuka mulai tanggal 16 Maret 2022 dan berakhir pada tanggal 15 April 2022, dengan pesyaratan awal adalah Pembuatan Akun SINOVIK terlebih dahulu (admin lokal adalah Bagian Organisasi Setda). (Mira/Balitbang/22).