(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

InaRI Expo 2024 Dorong Kolaborasi Dalam Inovasi

Admin brida | 08 Agustus 2024 | 1997 kali

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2024. Kegiatan ini menjadi panggung bagi periset, inovator, dan industri untuk mempresentasikan produk dan ide-ide baru kepada publik, pemangku kepentingan, dan industri. InaRI Expo juga menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi inovator dengan ide baru dan cemerlang.

 

Dengan mengusung tema “Research and Innovation for Better Future” (Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju) bertujuan mendorong kolaborasi dalam inovasi, pertukaran teknologi, ide, dan pengalaman, serta menginisiasi proses komersialisasi produk riset dan inovasi. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79 dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-29. Acara berlangsung pada 8-11 Agustus 2024 di Gedung ICC BRIN, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, dan dihadiri oleh BRIDA, BAPPERIDA, BAPPEDA, BALITBANGDA, BAPPELITBANGDA, BAPPEDALITBANG di seluruh provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia.

 

Pada sambutan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan pameran ini diharapkan dapat menggaet banyak pihak yang bersedia bekerja sama dengan para periset. Ia juga mengapresiasi para peserta pameran yang sudah mau unjuk karyanya, InaRI Expo 2024 adalah momentum penting untuk memperlihatkan potensi, kapasitas, dan kemampuan komunitas periset, dan aktivitas riset serta inovasi di Indonesia. Ini adalah wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerja keras kita semua untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing.

 

Selain pamer inovasi terbarukan, InaRI Expo 2024 dimeriahkan juga oleh sejumlah event besar seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS), pameran Perusahaan Pemula Berbasis Riset, UMKM, Indonesia Research and Innovation Fair (IRI Fair), dan Indonesia Innovator Lecture (IIL). Pada tanggal 10 Agustus 2024 mendatang, BRIN akan meresmikan 16 infrastruktur nasional yang diprioritaskan. Agenda tersebut juga masih jadi bagian dari Harteknas.Setelah penyampaian sambutan dari Kepala BRIN, InaRI Expo 2024 resmi dibuka bersama Ketua Dewan Pengarah BRIN Prof. Dr. (H.C.) Hj. Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri, dilanjutkan melakukan kunjungan ke stand pameran.


Pada Acara Dialog Dewan Pengarah BRIN dengan BRIDA, Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian, menjadi moderator dalam dialog. Megawati didampingi Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Wakil Ketua BRIN Bambang Kesowo dan jajaran serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga. Megawati Soekarnoputri meminta periset yang tergabung di Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) memberi perhatian atas fenomena perubahan iklim, untuk memperhatikan situasi di sejumlah negara yang bisa mengganggu kemandirian pangan Indonesia dan perlu antisipasi kondisi di sejumlah negara yang sedang bergejolak saat ini. Megawati menyoroti rekor impor beras dan darurat alih fungsi lahan meski sawah subur tapi berubah jadi gedung, dimana hal itu sudah menjadi pembahasan di media. Pada acara dialog ini disampaiakan juga tentang BRIDA dibentuk di daerah untuk menyelaraskan supaya dapat memetakan potensi daerah yang bisa dikembangkan dengan baik. #Wck.