(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

TAMAN RUMAH JABATAN BUPATI BULELENG

Admin brida | 02 Juni 2022 | 426 kali

Taman Rumah Jabatan Bupati menempati areal yang tidak terlalu luas (8.165,00 m² / 0,816 Ha). Taman ini bersifat khusus, karena satu areal dengan Rumah Jabatan Bupati. Taman Rumah Jabatan Bupati baru berfungsi sebagai taman publik, yaitu pada saat digelarnya festival dalam rangka perayaan hari ulang tahun Kota Singaraja (Buleleng Festival/Bulfest).

 

Berdasarkan kondisi eksisting Taman Rumah Jabatan Bupati dan jika masih dipertahankan kekhususannya, pengembangan taman dapat mengusung tema ’taman festival’. Konsep taman ini adalah sebagai tempat jamuan dengan pesta kebun bagi tamu-tamu penting Bupati dan areal festival pada perayaan moment-moment tertentu. Berkenaan dengan itu, dalam memfasilitasi tema tersebut, fasilitas yang dibutuhkan adalah berupa lapangan rumput dengan kenyamanan dan kesejukan pepohonan serta dilengkapi lampu taman yang menjadi daya tarik taman.

 

Sementara ini, sebagai fasilitas penunjang sudah tersedia, seperti bangku taman, penangkaran burung, lampu taman, dan toilet. Areal Laksmi Graha pada kegiatan festival dapat berfungsi sebagai areal parkir yang nyaman dan aman bagi para pengunjung. Pengembangan Taman Rumah Jabatan Bupati menjadi taman tematik jika dapat disatukan dengan Gedung Laksmi Graha arealnya akan menjadi lebih luas (lebih dari satu hektar). Guna menambah tayak tarik taman, untuk menghubungkan Laksmi Graha dengan taman dapat dibangun penghubung bawah tanah yang dindingnya bereliefkan sejarah perjuangan rakyat Buleleng dalam merebut kemerdekaan. Terowongan bawah tanah ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung taman. (Balitbang/21).