(0362) 27719
brida@bulelengkab.go.id
Badan Riset dan Inovasi Daerah

Buleleng Mulai Rancang E-MAP PJU

Admin brida | 28 April 2023 | 3449 kali

Keberadaan penerangan lampu jalan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya pada malam hari. Lampu jalan dikenal juga Penerangan Jalan Umum (PJU), untuk mempermudah pengguna jalan, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas.

 

Perkembangan teknologi saat ini mendorong tersedianya sistem informasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, tanpa terkecuali dalam hal sistem informasi infrastruktur PJU. Termasuk juga dimanfaatkan sebagai teknologi dalam manajemen PJU di Kabupaten Buleleng. Kehadiran inovasi E-MAP (Elektronik Manajemen Aset Penerangan) PJU yang direncanakan oleh Dinas Perhubungan, diharapkan menjadi salah satu solusi yang tepat dalam hal manajemen aset PJU di Kabupaten Buleleng.

 

Rancangan ini berawal dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta yang sudah mulai menjalankan aplikasi e-PJU. Kota Semarang juga telah menggunakan Sistem Informasi Penerangan Jalan Umum dalam melakukan pengelolaan aset lampu PJU.

 

Aplikasi ini diharapkan pula dapat memudahkan masyarakat menyampaikan aduan terkait penerangan jalan umum. Di sisi lain, juga sebagai manajemen aset, analisis ekonomi hingga analisis energi. Selain melacak lampu yang rusak, penggunaan jaringan e-PJU lebih memungkinkan efisiensi anggaran untuk pembayaran rekening listrik, dengan meredupkan tingkat pencahayaan lampu pada jam tertentu, misalnya tengah malam diredupkan 30 persen untuk menghemat daya. (Hasil Kelitbangan, 2022:12).